Jenis Framework untuk aplikasi web dan kelebihannya

  1. CodeIgniter adalah sebuah framework aplikasi untuk membuat halaman atau aplikasi web berbasis PHP. Dengan menggunakan framework ini, kita tidak perlu repot-repot mengetik ratusan baris kode untuk membangun sebuah aplikasi. Selain mudah digunakan, framework ini juga sangat cepat dan ringan. Dokumentasinya yang lengkap membuat framework ini mudah untuk dipelajari oleh pemula.
  2. Yii adalah kerangka kerja PHP berbasis-komponen dengan performansi tinggi untuk pengembangan aplikasi Web berskala-besar. Ia menyediakan resuabilitas maksimum dalam pemrograman Web dan bisa mengakselerasi proses pengembangan secara signifikan kelebihan Yii melampaui PHP framework lain dalam hal efisiensi, kaya-fitur, dan didokumentasikan dengan jelas. Yii didesain dengan hati-hati dari awal agar sesuai untuk pengembangan aplikasi Web secara serius. Yii bukan berasal dari produk pada beberapa proyek maupun konglomerasi pekerjaan pihak-ketiga. Yii adalah hasil dari pengalaman kaya para pembuat pada pengembangan aplikasi Web dan investigasi serta refleksi kerangka kerja pemrograman Web paling populer dan aplikasi.
  3. Zend Framework adalah framework open source dan berkualitas tinggi untuk membangun aplikasi web dan web service dengan PHP”
Zend Framework memiliki keunggulan-keunggulan seperti berikut:
• Dibuat oleh Zend, pengembang engine PHP
• Dibangun diatas teknologi php 5
• Lisensi Open Source berbasis BSD yang fleksibel baik untuk pengembangan aplikasi open source maupun komersial
• Dokumentasi lengkap (lebih dari 500 halaman)
• Proses pengembangan Zend Framework menyertakan unit test yang lengkap, mencakup 84% kode yang ada
• Library yang menyediakan fungsi yang lengkap sehingga hampir semua kebutuhan pengembangan aplikasi web dapat terpenuhi
• Mendukung pengembangan aplikasi MVC
• URL yang bagus dan search engine friendly
bisa juga didefinisikan Web Service dengan lebih sederhana. Web Service adalah aplikasi yang dibuat agar dapat dipanggil atau diakses oleh aplikasi lain melalui internet maupun internet dengan menggunakan XML sebagai format pengiriman pesan.

0 komentar: