Home » , , , » PHP Framework dan metode pengembangan berbasis MVC

PHP Framework dan metode pengembangan berbasis MVC

Framework adalah merupakan kumpulan sebuah modul dalam bentuk class library. Oleh karena itu kita harus mempelajari konsep OOP (Object Oriented Programming) dalam rangka mempelajari dan menggunakan framework. Tanpa itu kita akan kebingungan sendiri. Saat belajar OOP, Anda akan menemukan beberapa istilah seperti Class, Object, Inheritence, Instance, Function, dan Method.
Manajemen Framework menggunakan model M-V-C (Model-View-Controller). Jadi biasanya seorang programmer membuat program sangat tidak teratur, semua dijadikan dalam satu baris program sehingga programmer lain tidak bisa membacanya sama sekali seperti apa alur program yang dibuat. Lain halnya dengan metode M-V-C.
Metode M-V-C tidak acak-acakan. Semua class library sudah diatur sesuai dengan fungsinya masing-masing yang mudah dipelajari dan digunakan oleh siappun programmernya. Oleh karena itu banyak sekali yang menggunakan metode ini untuk mengembangkan suatu proyek website yang sangat kompleks.
MODEL
Berisi fungsi-fungsi yang membantu untuk mengelola basis data (database) seperti memasukkan data, memperbaharui data, dan menghapus data.
VIEW
Berisi fungsi-fungsi yang mengatur tampilan sebuah website.
CONTROLLER
Berisi fungsi-fungsi yang menjembatani antara MODEL dan VIEW. Jadi segala fungsi pemrosesan data dan kemudian mengirimkannya ke halaman web dilakukan di Controller. Jadi controller itu seperti seorang pengatur lalu lintas yang mengatur mobil-mobil yang lewat supaya jalanan aman, lancar dan tidak sering terjadi kecelakaan.

0 komentar: